Kamis, 01 November 2012

Proses Bisnis

Proses Bisnis adalah kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan cara berbisnis yang dilakukan atau diterapkan oleh suatu perusahaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil bisnis yang efektif dan efisien bagi perusahaan tersebut.

Pada pelajaran mengenai proses bisnis ini, kita mengambil contoh pada perusahaan rental mobil. Kita dibagi dalam kelompok-kelompok untuk mendiskusikan proses bisnis apa saja yang ada dalam perusahaan ini. Apa-apa saja proses-proses bisnis yang ada pada perusahaan rental mobil ini ? Untuk dapat mengetahuinya, langkah pertama yang dilakukan agar memudahkan kita untuk mengetahuinya adalah, kita mendeskripsikan divisi-divisi atau bagian-bagian apa saja yang berperan dalam proses bisnis perusahaan tersebut. 

Menurut kelompok saya, divisi-divisinya yaitu divisi administrasi yang terbagi menjadi Customer Service dan Accounting, selanjutnya ada divisi pengendalian/controlling, dan tentunya selain divisi-divisi tersebut ada seorang pimpinan perusahaan tersebut. Tugas dari divisi administrasi yaitu, melayani pelanggan dan mengurus masalah penyewaan mobil dan pembayaran oleh pelanggan. Tugas divisi pengendalian/controlling yaitu mengecek ketersediaan dan kondisi mobil apa saja yang dapat direntalkan.

Salah satu contoh proses bisnis yang terjadi adalah Proses Penyewaan Mobil. Awalnya pelanggan mendatangi perusahaan rental mobil , dan selanjutnya customer service akan melayani pelanggan, kemudian akan dicatat data pelanggan dan jenis mobil apa yang dipinjam dan dalam jangka waktu berapa lama, selanjutnya pelanggan mendapat bukti transaksi/struk yang nntinya akan dibayar oleh pelanngan dan ditperlihatkan pada bagian controlling untuk mendapatkan mobil yang dipinjam. Setelah itu pelanggan akan mengembalikan mobil sesuai dgn jangka waktu peminjaman.

Proses bisnis tersebut merupakan salah satu contoh yang kelompok saya buat, sebenarnya masih banyak lagi proses atau aktifitas yang terjadi dalam perusahaan rental mobil ini, seperti yang dibuat oleh kelompok lain. Dari hasil pembelajaran ini saya merasa masih kurang dapat menggali lebih dalam tentang proses-proses bisnis pada perusahaan rental mobil ini, dan saya berusaha untuk mencoba lagi untuk memahami lebih dalam mengenai proses bisnis.
Sekian dlu dari saya.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar